Peralatan Input dan Output Komputer
Peralatan Input
Peralatan Input atau peralatan
masukan yaitu pealatan yang berfungsi untuk memasukan data atau
program dan mengirimkan data atau program tersebut dalam bentuk data
digital yang akan diproses oleh komputer.
Unit ini berfungsi
sebagai media untuk memasukkan data dari luar ke dalam suatu memori dan
processor untuk diolah guna menghasilkan informasi yang diperlukan. Input
devices atau unit masukan yang umumnya digunakan personal computer (PC) adalah
keyboard dan mouse, keyboard dan mouse adalah unit yang menghubungkan user
(pengguna) dengan komputer. Selain itu terdapat joystick, yang biasa digunakan
untuk bermain games atau permainan dengan komputer. Kemudian scanner, untuk
mengambil gambar sebagai gambar digital yang nantinya dapat dimanipulasi. Touch
panel, dengan menggunakan sentuhan jari user dapat melakukan suatu proses akses
file. Microphone, untuk merekam suara ke dalam komputer.
Input device berfungsi sebagai media untuk memasukkan data dari luar sistem ke dalam suatu memori dan processor untuk diolah dan menghasilkan informasi yang diperlukan. Data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer dapat berbentuk signal input dan maintenance input. Signal input berbentuk data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berbentuk program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Jadi Input device selain digunakan untuk memasukkan data dapat pula digunakan untuk memasukkan program.
Beberapa peralatan input yang umum digunakan antara lain:
Ø Touchpad
Ø Joy Stick dan Games
Paddle
Ø Kamera Digital
Ø Mikropon dan Headphone
A. Keyboard
Keyboard merupakan unit input yang paling penting dalam suatu pengolahan data dengan komputer. Keyboard dapat berfungsi memasukkan huruf, angka, karakter khusus serta sebagai media bagi user (pengguna) untuk melakukan perintah-perintah lainnya yang diperlukan, seperti menyimpan file dan membuka file. Penciptaan keyboard komputer berasal dari model mesin ketik yang diciptakan dan dipatentkan oleh Christopher Latham pada tahun 1868, Dan pada tahun 1887 diproduksi dan dipasarkan oleh perusahan Remington. Keyboard yang digunakanan sekarang ini adalah jenis QWERTY, pada tahun 1973, keyboard ini diresmikan sebagai keyboard standar ISO (International Standar Organization). Jumlah tombol pada keyboard ini berjumlah 104 tuts. Keyboard sekarang yang kita kenal memiliki beberapa jenis port, yaitu port serial, ps2, usb dan wireless.
![gambar-211.jpg](file:///C:\Users\agus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image001.jpg)
Jenis-Jenis Keyboard :
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
1.) QWERTY
2.) DVORAK
3.) KLOCKENBERG
Keyboard
yang biasanya dipakai adalah keyboard jenis QWERTY, yang bentuknya ini mirip
seperti tuts pada mesin tik. Keyboard QWERTY memiliki empat bagian yaitu :
1. typewriter key
2. numeric key
3. function key
4. special function key.
1. Typewriter Key
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
Tombol ini merupakan tombol utama dalam input. Tombol ini sama dengan tuts pada mesin tik yang terdiri atas alphabet dan tombol lainnya sebagaimana berikut :
a. Backsapce : untuk menghapus dari arah kiri kursor
(pointer).
b. Caps Lock : untuk menentukan huruf besar atau huruf kecil.
c. Delete : untuk menghapus satu huruf atau angka dikanan kursor
d. ESC : untuk membatalkan perintah atau menuju kemenu sebelumnya.
e. End : untuk memindahkan kursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja.
f. Enter : untuk berpindah kebaris baru secara paksa atau memproses perintah.
g. Home : untuk menuju ke awal baris atau kesudut kiri atas layar.
h. Insert : untuk menyisipkan satu huruf/kata/kalimat.
i. Page Up : untuk melihat dokumen atau lembar kerja satu layar ke atas.
j. Page Down : untuk melihat dokumen atau lembar kerja satu layar kebawah.
k. Tab : untuk memindahkan kursor satu tab kekanan.
b. Caps Lock : untuk menentukan huruf besar atau huruf kecil.
c. Delete : untuk menghapus satu huruf atau angka dikanan kursor
d. ESC : untuk membatalkan perintah atau menuju kemenu sebelumnya.
e. End : untuk memindahkan kursor ke akhir baris/halaman/lembar kerja.
f. Enter : untuk berpindah kebaris baru secara paksa atau memproses perintah.
g. Home : untuk menuju ke awal baris atau kesudut kiri atas layar.
h. Insert : untuk menyisipkan satu huruf/kata/kalimat.
i. Page Up : untuk melihat dokumen atau lembar kerja satu layar ke atas.
j. Page Down : untuk melihat dokumen atau lembar kerja satu layar kebawah.
k. Tab : untuk memindahkan kursor satu tab kekanan.
2. Numeric Key
Tombol ini terletak di sebelah kanan keyboard. tombol ini terdiri atas angka dan arrow key. Jika lampu indikator num lock menyala maka tombol ini berfungsi sebagai angka. Jika lampu indikator num lock mati maka tombol ini berfungsi sebagai arrow key.
3. Function Key
Tombol ini terletak pada baris paling atas, tombol fungsi ini ini terdiri dari F1 s/d F12. Fungsi tombol ini berbeda-beda tergantung dari program komputer yang digunakan.
4. Special Function Key
Tombol ini terdiri atas tombol Ctrl, Shift, dan Alt. Tombol akan mempunyai fungsi bila ditekan secara bersamaan dengan tombol lainnya. Misalnya, untuk memblok menekan bersamaan tombol shift dan arrow key, untuk menggerakan kursor menekan bersamaan ctrl dan arrow key.
B. Mouse
Mouse adalah salah unit
masukan (input device). Fungsi alat ini adalah untuk perpindahan pointer atau
kursor secara cepat. Selain itu, dapat sebagai perintah praktis dan cepat
dibanding dengan keyboard. Mouse mulai digunakan secara maksimal sejak sistem
operasi telah berbasiskan GUI (Graphical User Interface). sinyal-sinyal listrik
sebagai input device mouse ini dihasilkan oleh bola kecil di dalam mouse,
sesuai dengan pergeseran atau pergerakannya. Sebagian besar mouse terdiri dari
tiga tombol, umumnya hanya dua tombol yang digunakan yaitu tombol kiri dan
tombol kanan. Saat ini mouse dilengkapi pula dengan tombol penggulung (scroll),
dimana letak tombol ini terletak ditengah. Istilah penekanan tombol kiri
disebut dengan klik (Click) dimana penekanan ini akan berfungsi bila mouse
berada pada objek yang ditunjuk, tetapi bila tidak berada pada objek yang
ditunjuk penekanan ini akan diabaikan. Selain itu terdapat pula istilah lainnya
yang disebut dengan menggeser (drag) yaitu menekan tombol kiri mouse tanpa
melepaskannya dengan sambil digeser. Drag ini akan mengakibatkan objek akan
berpindah atau tersalin ke objek lain dan kemungkinan lainnya. Penekanan tombol
kiri mouse dua kali secara cepat dan teratur disebut dengan klik ganda (double
click) sedangkan menekan tombol kanan mouse satu kali disebut dengan klik kanan
(right click)Mouse terdiri dari beberapa port yaitu mouse serial, mouse ps/2,
usb dan wireless.
![mouse](file:///C:\Users\agus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image003.jpg)
Mouse yang dalam bahasa
Indonesia berarti “tikus” (Disebut seperti ini karena bentuk dan kabel yang
terdapat pada mouse benar-benar menyerupai tikus), berfungsi untuk membantu
dalam memberikan perintah kepada komputer dalam bentuk pointer. Didalam mouse terdapat
bola kecil jika digerakkan akan menyebabkan sinyal-sinyal listrik terkirim ke
komputer sesuai dengan pergerakan mouse. Secara fisik, mouse juga terbagi atas
4, yaitu :
•MouseSerial
•MousePS/2
•MouseWireless
• Mouse USB
c. Touchpad
Unit
masukkan ini biasanya dapat kita temukan pada laptop dan notebook, yaitu dengan
menggunakan sentuhan jari. Biasanya unit ini dapat digunakan sebagai pengganti
mouse. Selain touchpad adalah model unit masukkan yang sejenis yaitu pointing
stick dan trackball.
![gambar-213a.jpg](file:///C:\Users\agus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image004.jpg)
![gambar-213b.jpg](file:///C:\Users\agus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image005.jpg)
D. Floppy Disk Drive
Merupakan peralatan
masukan yang berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan
data flopy disk (Disket). Alat ini juga
dapat berfungsi untuk menulis atau merekam data ke dalam disket. Beberapa merek Flopy Disk Drive yang ada dipasaran antara lain yaitu: Panasonic, Sony, Samsung dll.
![Image result for gambar Floppy Disk Drive](file:///C:\Users\agus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image007.jpg)
E. Joy Stick dan Games Paddle
Sejarah Joystick
Joystick mulai dikenal pada
abad 20-an pada waktu itu di nama joystick diartikan tongkatpengendali pesawat
terbang.Kemudian joystick berkembang menjadi alat elektrik. 2-axis joystick
ditemukan di sekitar tahun1944 di Negara Jerman. Alat dikembangkan untuk
mengarahkan terbang layang pengebomanHenschel H 293 terhadap target kapal. Di
sini, joystick digunakan oleh suatu operator untuk mengemudi proyektil ke
arah target nya. Joystick ini mempunyai tombol on-off dan sensor digital.Cara
kerjanya yaitu dengan isyarat yang dipancarkan dari joystick kepada proyektil
via radio.Pada tahun 1960 penggunaan joysticks menjadi tersebar luas dan
berkembang ke industri pesawatudara modeling sistem radio-controlled seperti Kwik Lalat yang
diproduksi oleh Phill Kraft ( 1964).Kraft kemudian menyalurkan ide joysticks
kepada industri komputer dan para pemakai lain.Pada tahun 1967 Ralph H. Baer,
pencipta game video televisi dan Magnavox. kemudianmenciptakan game video yang
pertama dengan menggunakan joystick analog,dan duapotensiometer untuk mengukur
position. Dan pada tahun 1985-1986 orang-orang semakinmengenal istilah joystick
lewat video game yang pada waktu itu populer dengan permainanNintendo dan sega.
seiring perkembangan teknologi yang sangat pesat joystick dikembangkankedalam
perangkat komputer (hardware)
Alat ini biasa digunakan pada permainan (games) komputer. Joy Stick biasanya berbentuk tongkat, sedangkan games paddle biasanya berbentuk kotak atau persegi terbuat dari plastik dilengkapi dengan tombol-tombol yang akan mengatur gerak suatu objek dalam komputer.
Pengguna game akan
amat membutuhkan perangkat ini, karena akan memudahkan mereka melakukan
manuver-manuver yang sulit dilakukan oleh penggunaan keyboard dan mouse. Jenis
joystick yang dapat digunakan pada komputer juga amat banyak, termasuk dengan
jenis khusus yang digunakan untuk game balap yang dilengkapi dengan roda kemudi
dan pedal.
![gambar-215.jpg](file:///C:\Users\agus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image009.jpg)
F. Scanner
Scanner adalah sebuah alat yang dapat berfungsi untuk meng-copy atau menyalin gambar atau teks yang kemudian disimpan ke dalam memori komputer. Dari memori komputer selanjutnya, disimpan dalam harddisk ataupun floppy disk. Fungsi scanner ini mirip seperti mesin fotocopy, perbedaannya adalah mesin fotocopy hasilnya dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya dapat ditampilkan melalui monitor terlebih dahulu sehingga kita dapat melakukan perbaikan atau modifikasi dan kemudian dapat disimpan kembali baik dalam bentuk file text maupun file gambar. Selain scanner untuk gambar terdapat pula scan yang biasa digunakan untuk mendeteksi lembar jawaban komputer. Scanner yang biasa digunakan untuk melakukan scan lembar jawaban komputer adalah SCAN IR yang biasa digunakan untuk LJK (Lembar Jawaban Komputer) pada ulangan umum dan Ujian Nasional. Scan jenis ini terdiri dari lampu sensor yang disebut Optik, yang dapat mengenali jenis pensil 2B. Scanner yang beredar di pasaran adalah scanner untuk meng-copy gambar atau photo dan biasanya juga dilengkapi dengan fasilitas OCR (Optical Character Recognition) untuk mengcopy atau menyalin objek dalam bentuk teks.
Saat ini telah
dikembangkan scanner dengan teknologi DMR (Digital Mark Reader), dengan sistem
kerja mirip seperti mesin scanner untuk koreksi lembar jawaban komputer,
biodata dan formulir seperti formulir untuk pilihan sekolah. Dengan DMR lembar jawaban
tidak harus dijawab menggunaan pensil 2 B, tapi dapat menggunakan alat tulis
lainnya seperti pulpen dan spidol serta dapat menggunakan kertas biasa.
![https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgSilZykeiFinMqndBBOFNcdy-Q22ZQl4nRJaseuFkv2Gs9ba5PnvrqBerO_dS9RbFRVgDjAXo38eXzO86N4r_GzlEZGRRFxOTXDnXP_eMC6HTboE6_NcCbZNCO_WSZAR9Pw5ZTmYy8/s1600/Gambar+Jenis-jenis+Scanner.jpg](file:///C:\Users\agus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image011.jpg)
G. CD ROM/CD RW
CD ROM
Peralatan masukan ini berfungsi untuk membaca
data atau program dari media penyimpan data CD (Compac Disk)
CD RW
Selain berfungsi untuk membaca data atau program
dari media penyimpan data CD (Compac Disk) juga dapat menulis dan merekam data
pada CD CD ROM / CD RW mempunyai kecepatan berbeda-beda antara lain: 40 X, 52
X, dst. Beberapa Merek antara lain: Samsung, LG dll
![Image result for CD ROM/CD RW](file:///C:\Users\agus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image013.jpg)
H. DVD
DVD ROM
Peralatan masukan ini berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data baik CD atau DVD
DVD RW
Selain berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data CD/DVD juga dapat menulis dan merekam data pada CD / DVD DVD ROM / DVD RW mempunyai kecepan berbeda-beda antara lain: 40 X, 52 X, dst. Beberapa Merek: Samsung, LG, Philip dll
Peralatan masukan ini berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data baik CD atau DVD
DVD RW
Selain berfungsi untuk membaca data atau program dari media penyimpan data CD/DVD juga dapat menulis dan merekam data pada CD / DVD DVD ROM / DVD RW mempunyai kecepan berbeda-beda antara lain: 40 X, 52 X, dst. Beberapa Merek: Samsung, LG, Philip dll
Merupakan media penyimpan
data optical disk berbentuk piringan dengan kapasitas
penyimpan data besar. Yang paling sering dipakai adalah CD-R
(Recordable) dapat menyimpan data sampai 700 MB, hanya dapat
menyimpan sekali tidak dapat diulangi. Sedang CD-RW (Rewriteable) dapat
membaca dan menyimpan / menulis data berkali-kali. DVD-R
dan DVD-RW adalah salah satu media penyimpan optical disk lain
yang mempunyai kemampuan atau kapasitas penyimpan data hingga ukuran
diatas 10 GB dalam 1 piringan
![Image result for DVD ROM](file:///C:\Users\agus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image015.jpg)
I. Kamera Digital
Perkembangan
teknologi telah begitu canggih sehingga komputer mampu menerima input dari
kamera. Kamera ini dinamakan dengan Kamera Digital dengan kualitas gambar lebih
bagus dan lebih baik dibandingkan dengan cara menyalin gambar yang menggunakan
scanner. Ketajaman gambar dari kamera digital ini ditentukan oleh pixel-nya.
Kemudahan dan kepraktisan alat ini sangat membantu banyak kegiatan dan
pekerjaan. Kamera digital tidak memerlukan film sebagaimana kamera biasa.
Gambar yang diambil dengan kamera digital disimpan ke dalam memori kamera
tersebut dalam bentuk file, kemudian dapat dipindahkan atau ditransfer ke
komputer. Kamera digital yang beredar di pasaran saat ini ada berbagai macam
jenis, mulai dari jenis kamera untuk mengambil gambar statis sampai dengan
kamera yang dapat merekan gambar hidup atau bergerak seperti halnya video.
![gambar-219.jpg](file:///C:\Users\agus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image016.jpg)
J. Mikropon dan Headphone
Unit masukan ini berfungsi untuk merekam atau memasukkan suara
yang akan disimpan dalam memori komputer atau untuk mendengarkan suara. Dengan
mikropon, kita dapat merekam suara ataupun dapat berbicara kepada orang yang
kita inginkan pada saat chating. Penggunaan mikropon ini tentunya memerlukan
perangkat keras lainnya yang berfungsi untuk menerima input suara yaitu sound
card dan speaker untuk mendengarkan suara.
![gambar-220.jpg](file:///C:\Users\agus\AppData\Local\Temp\msohtmlclip1\01\clip_image017.jpg)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar